# 103 : Mengenal Kecerdasan Linguistik

Mahasuci Allah, Zat yang telah memuliakan manusia dengan ruh-Nya. Segala puji bagi-Nya yang telah menjadi mati dan hidup untuk menguji siapa yang terbaik di antara para hamba-Nya. Mahabesar Dia yang telah memerintahkan manusia untuk berlomba dalam prestasi kebaikan. Dan tiada Tuhan selain Dia yang kepada-Nya semua `kan berpulang.

“Sesungguhnya Aku utamakan kalian di atas semua makhluk (`aalamiin)”, begitu firman Allah Swt. dalam Al-Quran. Manusia adalah makhluk yang telah diutamakan oleh Sang Pencipta, di atas semua makhluk-Nya yang lain. Hanya kepada manusia Allah menitipkan sebagian Ruh-Nya saat diciptakan (nafakhtu fiihi min ruuhii…). Karenanya pula, sejak awal manusia dilahirkan di atas fitrah kemuliaan dan kecerdasan.

Lihat, dan perhatikan balita. Lebih cermat lagi. Sejak usia kurang dari dua tahun ia sudah mulai mencoba merangkai kata. Memasuki tahun ketiga, ia sudah mulai bisa menyusun kalimat dengan baik dan dimengerti. Pada usia 5 tahun, kurang lebih 80 % kosakata orang dewasa berhasil ia kuasai. Amat menakjubkan. Inilah bukti bahwa setiap anak telah dibekali kecerdasan linguistik (linguistic intelligence) yang luar biasa. Bahkan, jika orang tua dan lingkungannya lebih “rajin”, sesungguhnya ia bisa mencapai prestasi linguistik yang berlipat, di atas prestasi standar yang telah ia raih saat itu.

Bahasa adalah hal pertama yang diajarkan kepada seorang anak. Sebab, bahasa merupakan alat komunikasi untuk berinteraksi. Karenanya pula, kecerdasan yang pertama kali muncul adalah kecerdasan linguistik. Saat balita, seorang anak diajari bahasa ibu, yang menjadi alat komunikasi di tengah keluarga dan lingkungannya. Biasanya, cuma satu bahasa. Sangat jarang seorang balita diajari sekaligus dua bahasa atau lebih. Selain karena alasan teknis, juga mungkin karena banyak yang berpikir bahwa mengajarkan dua bahasa atau lebih kepada balita akan membuatnya bingung. Padahal sesungguhnya tidak. Pikiran seperti itu mungkin masih dipengaruhi oleh mitos-mitos tertentu seputar anak.

Seorang balita sanggup merekam dan menyerap apa saja yang diajarkan dan diperlihatkan oleh orang tua kepadanya. Karena bersihnya, apa saja bisa terserap olehnya dengan baik dan kuat. Termasuk bahasa. Inilah potensi besar kecerdasan yang luar biasa, yang sudah dimiliki oleh setiap anak. Dari sinilah kecerdasan linguistic bisa dilejitkan.

Mendidik anak agar menjadi pribadi belajar, menguasai bahasa dunia, seperti Arab dan Inggris, sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak balita. Seorang balita sudah bisa diajari setidaknya tiga bahasa sekaligus: bahasa ibu (daerah/nasional), Arab dan Inggris. Ini memang program pendidikan keluarga yang terkesan ambisius, bahkan mungkin masih mimpi. Tetapi tentu tidak ada salahnya mencoba, sekalipun masih sangat jauh dari ideal…

Lalu siapa yang melakukan proses pendidikan ketiga bahasa tersebut? Tentu saja, yang utama adalah orang tua. Hanya saja, mereka harus memahami beberapa hal penting tentang bahasa. Jangan sampai mereka mengajari hal-hal yang tidak perlu. Selain tidak efektif, juga bisa mengganggu pertumbuhan kecerdasan anak di kemudian hari.

Tak kalah penting, mereka jelas harus siap mengajarkan bahasa Arab-Inggris sekaligus kepada balita. Haruskah terlebih dahulu para orang tua harus telah benar-benar menguasai kedua bahasa tersebut? Menguasai sesuatu, jelas, akan memudahkan seseorang mengajarkannya kepada orang lain… Namun, proses penguasaan hanya terjadi ketika seseorang terus menerus meningkatkan kemampuannya.

Artinya, untuk mengajari hal-hal sederhana –misalnya menghafal kosakata dan berbagai ungkapan dalam bahasa Arab dan Inggris—seorang orang tua tidak perlu harus telah benar-benar menguasai seluruh seluk beluk bahasa. Apa saja yang sudah mereka dapatkan dari kedua bahasa itu, bisa mulai ditransferkan kepada anak balitanya. Dan itu, jelas, akan meningkatkan dan melesatkan kecerdasan linguistik anak.. Si anak akan berkembang lebih baik ketimbang anak-anak lain yang tidak menerima program pendidikan yang sama dari keluarga terdekatnya….

Selamat mencoba…!

(ditulis di Bandung 14 Pebruari 2002)

Ashoff Murtadha

Mau Berlangganan Blog Ini?

Jika www.ashoffmurtadha.com ini bermanfaat bagi Anda, dan Anda perlu mendapatkan up date artikel dan infonya, sila tuliskan identitas Anda di bawah ini. Semoga ini adalah awal kebaikan kita semua.

Nama
Email:
 
Powered by Optin Form Adder

Keyword ke ashoffmurtadha.com

,kosa kata bahasa arab dan artinya (123),cerdas dalam bahasa arab (74),bahasa arab angka 1 sampai 1000 (74),alat tulis dalam bahasa arab (41),arti pintar dalam bahasa arab (25),kesan selama belajar bahasa inggris (22),arti angka 1 sampai 10 (22),kecerdasan linguistik adalah (22),kecerdasan linguistik anak (19),firman allah tentang belajar (18),kosa kata bahasa arab beserta artinya (17),alat-alat tulis dalam bahasa arab (16),makalah kecerdasan linguistik (13),kecerdasan linguistic (12),penguasaan kosakata bahasa arab (10),kecerdasan berbahasa (10),yhs-elex_myv9 (2),bahasa arab 1 sampai 20 latin (2),angka arab dari 1 sampai 20 (2),kesan mengajar (1),kosa kata bahasa arab tentang keluarga (1),kumpulan kosa kata bahasa arab tentang keluarga (1),kumpulan bahasa arap latin angka 1 sampai 20 (1),kata kata bahasa inggris yang mudahdi hafal (1),alat alat tulis dalam bahasa arab (1)
Jika artikel ini bermanfaat, silakan share di:
  • Digg
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • Technorati
  • del.icio.us
  • MyShare
  • MySpace

Leave a Reply

Our Sponsors

advertisement advertisement advertisement

Mau Menguasai Bahasa Arab?

 

HANYA 40 PERTEMUAN PILIH BERAPA LAMA: 10, 5, 2, ATAU 1 BULAN. Hub AMC, 0821-17-3545-71

INFO BUKU ARAB MUDAH

Miliki Buku Arab Mudah, karya Ashoff Murtadha, 0821-17-3545-71, Klik Ini

TESTIMONI PESERTA AMC

      Belajar di AMC (Arab Mudah Center) sangat mudah dipahami walaupun saya berada di luar negeri dan hanya melalui chatting. Dengan belajar di AMC sangat membantu saya dalam memahami bahasa Arab baik lisan atau tulisan dipandu oleh tenaga pengajar yang sudah berpengalaman di bidangnya... (Pramono, tinggal di Qatar)         Alhamdulillaah… Tak sesulit yang saya bayangkan. Sebenarnya sudah lama ada keinginan belajar bahasa arab tetapi tidak harus repot keluar rumah dan mencari-cari guru, karena keterbatasan waktu. Program chatting yang di tawarkan AMC betul-betul sederhana, mudah, dan benar-benar praktis. Tanpa harus melalui proses yang berbelit. Alhamdulillah saya sekarang lagi dan insya Allah untuk seterusnya amat sangat menikmati belajar bahasa arab lewat chatting ini.. (Wahida Murodi, Binjai Sumatera Utara)  

Contact

  • SIMPATI: 0821 17 3545 71
  • IM3 : 0857 2029 8950
  • XL : 0878 2762 6734
  • PIN BB :  HILANG

Rekening

an: ASOP MURTADLO MAHYA

  • MANDIRI : 131-00-1046694-6
  • BCA :  2830 6979 53
  • BNI : 02-7090-1073

SUT-N-BIN STRATEGY..!

SEDEKAH UTANG TABUNG NAFKAH BISNIS INVESTASI NIKMATI

close